Apa dan High-End. ZARA memilih untuk menghabiskan 0-0,3%

Apa itu ZARA? ZARAadalah sebuah Retail Chain, yang membangkitkan percepatan Fashion Icon di dunia.

Konsentrasi fashionnya berada pada segmentasi anakmuda dengan umur 20-35 thaun, ZARA adalah retaileryang berkoorporasi baik dengan memaksimalkan teknologi sistem informasi dalamMarketing Research dan Supply Chain dalam menyalurkan “FreshCustomer Inspired Fashion” dibawah harga desainer dunia pada umumnya.ZARA menggunakanInformasi yang berbasis teknologi canggih dalam berkomunikasi dalam rangkaianrantai pasok. ZARA membuat Strategic Fit yang terbaik untuk memenuhipermintaan konsumen yang menjadi target perusahaan. ZARA selalumempertimbangkan dalam penentuan karakteristik dan kategori dalam Supply Chain. ZARA memproduksi semuaproduk mereka yang modis, trendi dan ter-updatedengan menangani semua selera melalui proses desain terkontrol dan memprosesnyadengan terintegrasi.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

ZARA mendesain semua produknya dari waktu ke waktu, denganpara pekerja nya sendiri (In House).Sistem Design and Product adalah semuahsistem yang saling berintegrasi antara tim komersial, desainer, marketing, danproduksi sehingga terciptalah komunikasi dan perencanaan produksi pemasaranyang saling memberikan feedback, sehinggapelanggan dapat terpuaskan dan pencapaian dalam penerimaan produk yang tepatwaktu.  ZARA memiliki 22 pabrikyang selalu memproduksi secara bersamaan yang berguna untuk merespon permintaanyang sangat bervariasi dan permintaan yang tidak terduga. Information systemyang sangat responsif menjadi salah satu kekuatan ZARA untuk memasarkanproduknya diseluruh dunia. Operasional dalam sistem informasi, mempercepattugas kompleks yang bertujuan untuk meminimalisir keterlambatan dan mengurangikesalahan.Gambar 2.

Supply Chain ZARA  Pada umunya, padaretailer fashion lainnya inventory management melakukan penyimpanan dalamjumlah yang besar untuk mengatasi permintaan walaupun permintaan belum terukur.ZARA memilih untuk meminimalkan persediaan, sehingga stock inventory rendah danstock mati. Oleh karena itu ZARA tidak perlu untuk penyewaan inventory yang besar, ZARA memilih untuklangsung mengirimkannya ke gerai-gerai yang sudah direncanakan. ZARA mendesain 15.000 modelbaru tiap tahunnya dan memiliki 700 retailer yang tersebatr diseluruh dunia,dengan mengirimkan jumlah terbatas.

Hal ini memastikan ZARA sebagai merk yangeksklusif, terbarukan dan High-End.ZARA memilih untukmenghabiskan 0-0,3% biaya iklan. ZARA lebih terfokus pada pembangunan citratiap toko retailernya yang sesuai dengan taraf yang ditentukan ZARA, sehinggatiap pembukaan toko baru pihak ZARA langsung turun tangan dalam penentuanproyeksi toko tersebut. Trik ZARA dalam meng-handle pengunjung adalah denganmemilih koordinator khusus yang bertugas tiap minggunya mengubah tata letaktoko sehingga pelanggan tidak bosan.

ZARA selalu menggunakanfeedback pelanggan sebagai acuanproduksi mereka. ZARA mempunyai prisip bahwa apa yang diproduksi mereka adalahkeinginan terbesar bagi pelanggan mereka. ZARA mengetahui keinginan pelanggandari apa yang disukai maupun apa yang tidak disukai, sehingga informasi itulangsung diberikan pada desainer yang membuat rancangan pastinya.