Sekolah yang lebih baik. Kenyataannya, para pelajar seringkali

Sekolah5 hari dalam seminggu merupakan hal yang baru bagi siswa Sekolah Menengah Atasatau sederajatnya karena sejak dulu kegiatan belajar mengajar berlangsungselama 6 hari. Perubahan sistem waktu kegiatan belajar mengajar ini memunculkanpersepsi, sekolah 5 hari dengan libur 2 hari dalam seminggu. Tentu konsekuensiyang harus ditanggung dari pelaksanaan pendidikan 5 hari adalah adanyapemadatan jam belajar di sekolah untuk menggantikan jam belajar hari sabtu yangdiliburkan. Sebab hari sabtu dan minggu menjadi diliburkan. Hal ini menjadi siswamemiliki banyak waktu bersama keluarga atau teman terutama di hari sabtu danminggu. Tetapi, masih banyak lagi hal yang perlu dikoreksi dalam sistem pendidikanyang baru di Indonesia. Selain terdapat sisi positif dari program sekolah 5hari dalam seminggu tentu saja terdapat sisi negatif dari program tersebut.Salah satu contohnya terforsirnya tenaga para siswa, berkurangnya interaksidiluar lingkungan sekolah, dan masih banyak lagi dampak negatif daridijalankannya program sekolah 5 hari dalam seminggu.

Belajar pada dasarnya merupakan proses usahaseseorang untuk memperoleh sesuatu, sehingga terbentuk perilaku baru menujuarah yang lebih baik. Kenyataannya, para pelajar seringkali tidak mampumencapai tujuan belajarnya atau tidak memperoleh perubahan tingkah laku sebagaimana yang diharapkan. Hal itu menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitanbelajar yang merupakan hambatan dalam mencapai hasil belajar. Terkadang siswamerasa sangat jenuh dan tertekan dengan pelajaran yang mereka dapatkan dalamwaktu yang lama. Otak yang terlalu dipaksakan untuk bekerja keras dalam waktuyang lama akan menimbulkan resiko. Siswa tetap saja mendapat tugas maupunpekerjaan rumah yang membuat jam belajar siswa bertambah.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Siswa hanya bisatidur beberapa jam saja dalam sehari dan seiring dengan berjalannya waktu halini dapat menurunkan konsentrasi, mengakibatkan pekerjaan menjadi kurangefisien dan semakin lama dalam membuat keputusan atau bertindak cepat.Disamping itu, siswa akan mengalami kelelahan dan kurang tidur karena tuntutantugas. Hal ini dapat menyebabkan depresi di kalangan siswa dan hilangnya semangatbelajar dari siswa.Padadasarnya manusia merupakan mahkluk sosial yang membutuhkan bantuan dariindividu lain untuk bertahan hidup.

Pentingnya manusia menjalin interaksrilakunyadengan perilaku orang lain dan belajar bagaimana menyesuaikan diri denganlingkungan tertentu sesuai dengan peranan yang disandangnya. Setiap orang jugadiharapkan menjalankan peranan tertentu dalam kehidupan bermasyarakat. Siswajuga penting melakukan sosialisasi dengan lingkungan luar agar saling terjagahubungan baik dengan masyarakat sekitar. Banyaknya waktu yang dihabiskan siswadi sekolah membuat interkasi dengan keluarga, kerabat, atau teman-teman diluarsekolah menjadi kurang. Hal ini berefek pada psikologi siswa dalam berinteraksidiluar sekolah.

Kondisi mereka yang sudah lelah sepulang dari sekolah membuatmereka malas untuk bergaul dengan teman-teman sebayanya disekitar rumah.Kesimpulannya,belajar pada dasarnya merupakan proses usaha seseorang untuk memperolehsesuatu, sehingga terbentuk perilaku baru menuju arah yang lebih baik. Meskipunbegitu, sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi semua pihak. Selain terdapatsisi positif dari program sekolah 5 hari dalam seminggu tentu saja terdapatsisi negatif dari program tersebut. . Otak yang terlalu dipaksakan untukbekerja keras dalam waktu yang lama akan menimbulkan resiko. Masing-masing siswa memiliki kondisi yangberbeda-beda.

Siswa yang satu dengan yang lainnya tidak bisa disamaratakan.Menghabiskan waktu dengan durasi panjang di sekolah dapat mengganggu intensitasinteraksi anak. Perlu adanya percobaan sistem ini di sekolah-sekolah yangmemang sudah mampu menganut sistem fullday school di sektor guru maupunsiswanya. Dan program ini belum bisa disamaratakan untuk semua sekolah yang adadi Indonesia. Tugas baru pemerintah adalah mengkaji ulang sistempendidikan di indonesia.